Minggu, 02 Desember 2012

ORGANISASI, KEKUASAAN, DAN PEMBERDAYAAN


Understanding organization
Salah satu fitur menarik dari karir keperawatan adalah berbagai pengaturan dimana perawat dapat bekerja.  Dari klinik kesehatan pedesaan sampai pada perkotaan, ketrampilan perawat dibutuhkan dimanapun terutama berhubungan dengan masalah kesehatan masyarakat.  Hubungan perawat dengan pasien dapat terjalin selama berbulan-bulan atau tahun, seperti yang dilakukan disekolah atau kesehatan dalam keperawatan rumah.  Hubungan tersebut bisa secara singkat dan tidak pernah diulang, seperti yang biasa terjadi di ruang praktek dokter, kamar operasai dan unit gawat darurat.

Types of Health-Care Organizations :
1.      Swasta tidak – untuk – profit
2.      Didukung pemerintah
3.      Swasta mencari keuntungan
Organisation charateristic
Organisasi Budaya
Budaya memberikan rasa identitas kepada anggotanya dan komitmen mereka terhadap organisasi, dan membantu untuk menentukan perilaku organisasi. Ini mendorong kerja dan kualitas dari perawatan dalam organisasi (Gerson, Batu, Bakken, & Larson, 2004).
Edgar Schein adalah seorang sarjana terkenal akan organisasi budaya. Menurutnya Organisasi Budaya di bagi menjadi :
1.      Artefak tingkat : Karateristik yang terlihat seperti Kamar pasien, bentuk catatan riwayat pasien.
2.      Di dukung oleh kepercayaan2 : Dinyatakan , sering ditulis, tujuan akhir : organisasi filsafat
3.      Berdasarkan perkiraan2 : Perasaan dan Kepercayaan yang tidak disadari namun bersifat kuat, seperti komitmen untuk mengobati setiap pasien, tidak peduli seberapa besar biayanya ( Schein, 2004 )

Power
Ada beberapa definisi kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain meskipun ada perlawanan dari mereka dan mungkin secara aktual atau potensial, Ini dapat digunakan untuk hal yang  baik atau  jahat,dan  untuk tujuan yang serius atau yang di sengaja dan egois.
Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengontrol, mendominasi, atau memanipulasi tindakan orang lain atau, seperti pernyataan Rollo May
"Kekuasaan adalah kemampuan untuk menyebabkan atau mencegah perubahan"
TYPES OR SOURCES
1.      Kekuasaan dapat berupa salah satu kedudukan dan kekuasaan perseorangan.
2.      Kekuasaan diberikan kepada seseorang berdasarkan dari  kedudukannya.
Pemimpin yang berkuasa dapat bertindak  penting terhadap pengikut atau bawahannya. Contohnya adalah manajer perawat yang memiliki kekuasaan karena mereka terlihat sangat kompeten,model peran yang baik, atau memiliki beberapa sifat pribadi yang membuat mereka efektif dalam peran yang di jalankan.
3.      Tipe kekuasaan : otoritas, keahlian, penghargaan, koersif, dan rujukan.

EMPOWERMENT
1.      Pemberdayaan adalah rasa memiliki kedua kemampuan dan kesempatan untuk bertindak efektif .
2.      Pemberdayaan adalah proses atau strategi tujuan yang adalah untuk mengubah sifat dan distribusi kekuasaan dalam konteks tertentu.
3.      Organisasi keperawatan berusaha untuk memberdayakan perawat kemudian  perawat berupaya untuk memberdayakan pasien dalam mengaplikasikan gaya hidup sehat.

perawat memiliki tiga karakteristik yang diperlukan  yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kebijakan pengembangan :
1.       kesadaran mengangkat realitas sosial, politik, dan ekonomi dari situasi atau lingkungan dan dari masyarakat. Mereka sadar budaya dan keragaman dan gender, ras, perawat tersebut dapat mengevaluasi dan memahami dinamika situasi atau masalah di mana mereka menemukan diri mereka sendiri dan dapat lebih mudah menemukan atau membantu untuk menemukan solusi.
2.      Kualitas kedua perawat diharuskan untuk memiliki rasa positif  pada diri sendri tentang kemampuan mereka untuk efek, atau memfasilitasi, berubah. Mereka menghargai diri mereka sendiri dan memiliki suara untuk mengartikulasikan dan melakukan perubahan
3.      Perawat di haruskan untuk tau bagaimana menggunakan metode kekuasaan tradisional dan politik dalam pembuatan kebijakan dan informasi yang diperlukan, seperti yang memahami keterampilan komunikasi interpersonal, politik, dan kekuasaan dan bagaimana menggunakannya (Kuokkanen & Katajisto, 2003; Manojlovich & Laschinger, 2002).





Referensi :

Nursing leadership and management theories,processes,practice

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar